28 Nov 2019

Kerja, Kerja, Mau Maju, Yuk Minum Jamu!

“Biasanya kalau pagi sebelum beraktivitas, saya minum jamu. Jamu ini adalah campuran dari temulawak, jahe, dan kunyit,” ujar orang nomor satu di Indonesia alias Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi. Ujaran itu, ia ungkapkan melalui vlog.

Tak cukup itu, Presiden Jokowi lantas menunjukkan jamu racikannya.

Jokowi mengajak wartawan minum jamu. (Ist.)


“Jahe ditumbuk atau dirajang-rajang (diiris-iris), temulawak, kunyit juga, kemudian di seduh air panas, di saring kemudian diminum,” paparnya. “Ini sudah saya minum mungkin 17 sampai 18 tahun yang lalu dan masih saya minum sampai sekarang,” imbuhnya.

“Saya rasa akan memberikan manfaat baik bagi kebugaran tubuh. Ingin mencoba? Ya dibuat sendiri!” tutupnya.

“Jamu Jokowi” ini memang bukan rahasia lagi. Sejak terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta dan kemudian menjadi Presiden RI, banyak orang bertanya “rahasia” kebugaran Jokowi. Rahasianya memang telah terkuak, salah satunya yaitu jamu racikan temulawak, jahe, dan kunyit.

Nah, yang menjadi pertanyaan, mengapa temulawak, jahe, dan kunyit dapat menjaga kebugaran tubuh? Yuk intip manfaat temulawak, jahe, dan kunyit!

Temulawak
Curcuma xanthorrhiza Roxb alias temulawak merupakan bahan rempah yang sudah amat populer di Indonesia. Selain bisa menjaga kebugaran raga, temulawak juga bisa mengatasi perut kembung dan diare. Dilansir dari Clinical Gastroenterology and Hepatology, pasien dengan gangguan pencernaan berangsur membaik jika mengonsumsi temulawak secara teratur.

Temulawak (freepik)
Para pakar kesehatan, melalui aneka penelitian juga menyimpulkan bahwa kandungan dalam temulawak dalam mengatasi masuk angin dan sakit kepala. Bahkan sebuah jurnal kesehatan, The Prostate, mengungkapkan bahwa temulawak memiliki kandungan aktif yang bisa membantu pengobatan kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus. Jurnal itu didukung penelitian di University of Maryland Medical Center yang menyebutkan, nutrisi dalam temulawak bisa membunuh perkembangan sel kanker dengan efektif.

Jahe
Nah, sekarang giliran jahe. Selama ratusan tahun, jahe telah terbukti memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Selain sebagai bumbu masakan, jahe juga dimanfaatkan untuk mengobati aneka penyakit. Rutin minum seduhan jahe terbukti dapat mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan nyeri osteoarthritis dan rematik.

Jahe (freepik)
Kandungan aktif, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron dalam tanaman rimpang yang memiliki nama ilmiah Zingiber officinale ini memang telah diteliti mampu mengatasi nyeri peradangan dalam tubuh. Selain itu, sebuah penelitian di Iran membuktikan jahe dapat menurunkan gula darah puasa dan kadar HbA1c dalam darah. Orang pengidap diabetes tipe 2 yang minum seduhan jahe nyatanya mengalami penurunan gula darah puasa yang cukup drastis.

Kunyit
Curcuma longa alias kunyit tak cuma mampu menyedapkan santapan. Rempah berkelir kuning ini juga memiliki kemampuan menjaga kesehatan dan sebagai obat herbal. Kunyit sudah sejak lama populer digunakan sebagai obat gangguan pencernaan. Jurnal Pharmacognosy Reviews menyebutkan bahwa kandungan efek curcumin bisa mengobati peradangan akibat luka, terutama di saluran pencernaan. Hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi kekambuhan gejala maag.

Kunyit. (freepik)
Selain itu, kandungan curcumin juga bisa menjadi anti alergi. Kunyit bekerja seperti antihistamin yang menghambat peradangan serta mencegah pelepasan histamin, zat pemicu reaksi alergi.

Jantung juga mendapat asupan manfaat dari kunyit. Mengkonsumsi air kunyit saban pagi dapat membantu jantung tetap sehat. Curcumin yang terkandung dalam kunyit bisa menghalau plak atau kotoran dalam pembuluh darah, sehingga mencegah pengumpalan darah di jantung.

Kuy, itulah manfaat tiga rempah yang menjadi “jamu Jokowi”.

Racikan Tradisional, Teknologi Modern

Namun, kini jaman serba canggih. Teknologi pengolahan makanan dan minuman kian berkembang pesat. Meracik jamu ala Jokowi itu tentu akan memakan waktu lama. Bisa-bisa, harus bangun pagi lebih awal atau terlambat masuk kerja. Tentu kita tak mau dua-dua.

So, jangan bimbang dan ragu. Kini telah hadir kepraktisan meminum jamu ala Jokowi. Konimex menghadirkan Herbadrink, minuman herbal alami yang menyehatkan dalam kemasan sachet. Minuman ini diracik dengan resep tradisional dan diproses melalui teknologi modern. Selain menyehatkan, minuman ini juga praktis; tinggal sobek, sedu, lalu minum.

Herbadrink hadir dengan aneka varian, seperti Herbadrink Sari Jahe, Herbadrink Sari Temulawak, Herbadrink Kunyit Asam, dan yang lain. Yuk kita bahas satu-satu!

Herbadrink Sari Jahe mengandung ekstrak jahe 9,5 gram, gula, dan bahan lainnya. Satu sachet Herbadrink Sari Jahe disedu dengan satu gelar air panas, atau sekira 150 mililiter. Selain untuk menghangatkan badan, seduhan Herbadrink Sari Jahe ini juga mampu mengatasi perut kembung dan masuk angin.

Herbadrink Sari Jahe. (y.prayogo)
Herbadrink Sari Temulawak juga memiliki manfaat bagi kebugaran dan kesegaran raga. Dengan kandungan ekstrak temulawak 470 miligram, gula, dan bahan lainnya, Herbadrink Sari Temulawak bisa membantu memelihara kesehatan hati. Cara mengkonsumsi Herbadrink Sari Temulawak sama dengan Herbadrink Sari Jahe.

Herbadrink Sari Temulawak. (y.prayogo)
Kunyit asam adalah racikan jamu paling favorit di kalangan per-jamu-an. Jamu kunyit asam memiliki manfaat sebagai anti bakteri, anti radang, dan antioksidan. Nah, Herbadrink Kunyit Asam hadir dengan kandungan ekstrak kunyit 8,7 gram, ekstrak asam Jawa 1,9 gram, gula, dan bahan lainnya.

Herbadrink Kunyit Asam. (y.prayogo)
Selain varian-varian tersebut, Konimex juga menghadirkan varian lain seperti Herbadrink Beras Kencur, Herbadrink Chrysanthemum (Sugar Free), Herbadrink Sari Jahe (Sugar Free), Herbadrink Sari Temulawak (Sugar Free), dan Herbadrink Lidah Buaya (Sugar Free). Semua itu merupakan racikan resep-resep tradisional yang diolah dengan teknologi modern.

Kini, minum jamu tak perlu menunggu Mbok Jamu lewat depan rumah atau meracik sendiri. Semua itu butuh waktu dan tenaga. Kehadiran aneka varian Herbadrink ini menjadi solusi bagi kita yang mendamba manfaat dan khasiat resep jamu tradisional dengan cara yang praktis; cepat dan mudah.

Nah, jika kita ingin menjaga kebugaran dan kesegaran raga sepanjang hari di tengah aktivitas yang super sibuk seperti Pak Jokowi, telah tersedia racikan jamu tradisional dalam kemasan modern; Herbadrink Sari Jahe, Herbadrink Sari Temulawak, Herbadrink Kunyit Asam. Yuk minum jamu, agar bisa terus kerja, kerja, dan maju! Minum jamu, Indonesia maju! #KebaikanAlami

Tidak ada komentar: